Perjalanan Dengan Gajahwong

  Tanggal 27 Maret kemarin, saya berkesempatan mencoba KA Gajahwong dari Gombong menuju Lempuyangan. Aslinya sih pengen naik Joglokerto,namun apa daya, kehabisan tiket -_- Walhasil saya memutuskan untuk membeli tiket KA Gajahwong secara go show (langsung) di loket stasiun Gombong. KA 164 Gajahwong masuk stasiun Gombong sekitar pukul 12.58.

K3 0 10 07 YK yang saya naiki.
CC203 14 yang menghela KA 164 Gajahwong.
Tiketnya...
 Di stasiun Gombong, KA bersilang dengan KA 5 Argo Wilis yang dihela oleh CC203 02. Sekitar pukul 13.05, KA 5 melintas langsung. KA 164 sendiri diberangkatkan kembali tepat pukul 13.08

KA 5 melintas...
 Kondisi kereta yang saya dapatkan bisa dibilang sedikit memprihatinkan. Meski baru satu tahun PA, namun salah satu display elektriknya mulai error. Selain itu, toiletnya agak kotor dan cat wastafelnya mulai terkelupas. Guncangan juga cukup terasa di dalam kereta. ACnya juga tidak begitu dingin. Sayang saya tidak memotret interiornya secara detil. 



Kursinya...

  Selama perjalanan, KA hanya berhenti di Kebumen, Kutoarjo, Wates dan Yogyakarta Tugu. Di Kutoarjo, KA bersilang dengan KA 165 Krakatau. Saya cukup menikmati perjalanan ini, terutama sentakan khas CC203 yang dipadu dengan masinis yang cukup kasar dalam menjalankan KA.KA sendiri melaju dengan kecepatan normal, sekitar 80-90 km/jam, meski harus melaju sekitar 70 km/jam di petak Kutowinangun-Prembun.Saya sempat membeli kopi di kereta makan (sebenernya modus, mau ketemu Praminya). Prami (pramugari) ada dua, yang satu tampangnya agak jutek (tapi cantik deh, percayalah...) sementara yang satu agak imut (menurut saya). Sementara Prama ada dua yang bertugas di dapur kereta makan. Saya sendiri kelewatan pengecekan tiket akibat beli kopi :v Tapi gak papa, yang penting ada tiketnya... OTC sendiri tidak sering wara-wiri, jarang lewat malah... Seingat saya, hanya sekitar 5 kali OTC lalu-lalang, itupun yang satu untuk mengutip sampah menjelang masuk stasiun Yogyakarta.KA tiba di Lempuyangan sekitar pukul 15.07, lebih awal satu menit dari jadwal. Bisa dibilang saya beruntung, biasanya Gajahwong ini ngaret, seringkali berjalan dibelakang KA 80 Lodaya Pagi.. Namun kali ini bisa lebih awal masuk Lempuyangan... Salut deh buat Kru yang bertugas...
  
  Yak, sekian cerita saya... Sampai jumpa di lain perjalanan :D

2 comments: