BB 301 17

 BB 301 65 04 CP ex BB 301 65 04 BD ex BB 301 17 BD ex BB 301 17 BJR ex BB 301 17 BD

 BB 301 17 termasuk lok yang setia di Dipo Bandung, meski sempat bercap BJR. BB 301 17 termasuk segelintir BB 301 yang bertahan di Bandung, bahkan satu dari 3 BB 301 terakhir dipo BD. Awalnya, BB 301 17 digunakan untuk berdinas Parahyangan maupun Ekspres Siang. Namun turun ke dinas KA Lokal saat CC 201 mulai berdatangan. BB 301 17 direpower 27 April 1981 oleh Krupp. Setelah CC 201 semakin banyak, BB 301 17 akhirnya tersingkir ke dinasan KA menuju Sukabumi. BB 301 17 sebenarnya bisa dikatakan "veteran" jalur PDL-SI, meski sebenarnya yang sering berdinas KA menuju Sukabumi adalah BB 301 12. BB 301 17 sempat bercap BJR, namun tetap menghuni habitat awalnya di jalur PDL-SI. BB 301 17 kembali direpower, kali ini oleh Siemens, pada 1997. BB 301 17 sempat sendirian di Dipo BD setelah BB 301 30 dan BB 301 35 pindah. Namun BB 301 31 datang sekitar tahun 2008. Datangnya BB 301 31 membuat livery BB 301 17 berubah menjadi putih garis biru, sama seperti BB 301 31. Namun sayangnya, BB 301 31 hanya sebentar berada di Dipo Lok Bandung. 31 dikirim ke Balai Yasa Yogyakarta, namun tidak pernah kembali lagi. Beberapa waktu kemudian, datanglah BB 301 24 dari Sidotopo, disusul BB 301 41 dan BB 301 43 yang juga dari Sidotopo. Namun BB 301 43 kemudian dikembalikan ke Sidotopo. BB 301 41 sempat dicat krem hijau, namun akhirnya mati, menyisakan BB 301 24 dan BB 301 17. Pada tahun 2012, livery BB 301 17 kembali diubah. Kali ini diubah menjadi livery new step, dengan cowcatcher berwarna abu-abu dan skart serta pembuka coupler berwarna oranye. Hal itu yang membedakan livery BB 301 17 dan BB 301 24. BB 301 24 akhirnya terdiam di Dipo, menyandang status konservasi alias pertimbangan afkir, menyisakan hanya BB 301 17 saja yang "sehat". BB 301 17 sempat berdinas KLB Ballast menuju Cianjur pada 2013, sebelum akhirnya kembali terdiam di Dipo. BB 301 17 kemudian dimutasi ke Cilacap pada 2015, mungkin diproyeksikan sebagai lok langsir Karangtalun. Namun karena tidak ada masinis yang memiliki brevet BB 301, 17 hanya diletakkan di turntable, menganggur begitu saja....

Sekilas fisik...
Muka (1)
Muka (2)
Pelat nomor...
Plate Repower..
Bogie
 Dari masa ke masa :
Menghela KA Lokal Cianjur di Ciroyom. Foto : Anonim
Berdinas KA Lokal Cianjur. Foto : Andreva Rahmawan H.
Berdinas KLB Ballast, 2013. Foto : Andreva Rahmawan H.



0 comments: