K7, Bogie Elit yang Kini Merana

Bogie K7
 K7 pertama diperkenalkan sekitar tahun 1966/67,dengan berdinasnya kereta-kereta buatan Jerman yang dipakai oleh Bima dan Mutiara Utara. K7 memiliki bentuk yang khas, terkesan ceper dengan lengkung tengah yang berbeda dengan K5. Awalnya, K7 memiliki batas kecepatan maksimal 120 km/jam, namun kini turun hingga 90 km/jam karena faktor usia. Selain digunakan oleh kereta buatan Jerman, K7 juga digunakan oleh kereta buatan Yugoslavia dan Rumania, meski akhirnya dikocok. K7 dahulu termasuk bogie elit, yang digunakan oleh kereta paling mewah dimasanya, Bima. Hal ini sepertinya terkait dengan sifat K7 yang tenang, jauh lebih tenang dari K5. Goyangan dan guncangan K7 halus, bahkan di medan berbelok-belok sekalipun, meski agak sedikit kasar saat berada di kecepatan tinggi. Kini K7 dipensiunkan secara perlahan-lahan. Kereta-kereta berbogie K7 mulai diganti bogienya, sementara K7 dikandangkan di Balai Yasa, bahkan dimusiumkan di Ambarawa... Pergantian ini disebabkan oleh usia bogie,dan susahnya perawatan K7. Yang di foto adalah bogie K7 yang dipajang di Museum Ambarawa. Bogie ini memiliki marking PNKA, yang menunjukkan bahwa bogie ini adalah K7 generasi awal.

0 comments: