YYW model P51

  YYW (bahasa sekarangnya sih GB) seri P51 ini dibuat oleh Pabrikan ARAD, Rumania, dan memulai dinasnya pada 1964. YYW ini memiliki bentuk yang sama persis dengan TTW karena aslinya, YYW ini adalah TTW. Yap, YYW seri P51 ini aslinya adalah TTW/TTR yang digunduli.

YYWRu 275 di emplasemen Balai Yasa Surabaya Gubeng.

YYRu 452 di spoor simpan Maos, sayang sepertinya YYRu ini sudah dirucat
  Aslinya, YYW seri P51 ini adalah TTW/TTR yang digunakan oleh KA Semen Gresik dari Indro. Namun kemudian, TTW/TTR ini digunduli saat Angkutan Pasir Galunggung muncul. YYW ini dibuat dengan "membuang" atap geser ala TTW serta memotong dinding atap. YYW ini digunakan oleh Angkutan Pasir Galunggung, dengan tampilan body abu-abu polos bertuliskan BUMINDO.Semasa berdinas Pasir Galunggung, YYW ini ditemani oleh YYW model P52/53 buatan Jepang/Rumania. YYW ini aslinya menggunakan bogie Kuda Kepang

Bogie Kuda Kepang
KA Pasir Galunggung dengan YYW model P51.  Koleksi : Mas Bima Budi Satria
Selepas Pasir Galunggung berhenti beroperasi, YYW ini berdinas Angkutan Pasir Kwarsa/Angkutan Ballast. YYW ini kembali menganggur setelah Angkutan Pasir Kwarsa berhenti beroperasi dan mulai ditelantarkan,bahkan dirucat, meski sebagian masih ada yang digunakan sebagai Angkutan Ballast. Selain di Jawa, YYW model ini juga terdapat di DIVRE I Sumatera Utara.

YYWRu 472

0 comments: