Mengenal Atribut Kereta : Trainmark

  Jika anda teliti, anda pasti pernah menemui benda ini (yang dibawah ini lhooo) di sudut atas dekat pintu masuk kereta.Sebenarnya, apa sih arti dari pelat besi tipis ini?


 Pelat besi tipis ini lazim disebut sebagai Trainmark atau Trainmerk. Fungsinya apa? Pelat besi tipis ini merupakan pelat keterangan kecepatan maksimum kereta, berat total kereta serta jenis bogie yang dipakai kereta itu.

Bacanya gimana?
Bingung cara bacanya? Ini kuncinya :

Kecepatan Maksimum (dimulai dari D karena yang A-C tidak lazim dipakai kereta) :
D : 90 km/jam
E : 100 km/jam
F : 120 km/jam
Kecepatan maksimal masih memiliki toleransi 10 km/jam, diatas itu, getaran hebat akan terjadi,dan paling parah,anjlok.

36 : Berat total kereta, bisa berubah menyesuaikan jenis kereta

Jenis Bogie (yang lazim dipake aja) :
5 : K5, baik NT-11 maupun TB398
7 : K7
8 : K8
9 : K9
10 : K10


Latihan Membaca :

F : Bisa melaju hingga 120 km/jam, 39 : Berat total 39 ton, 8 : menggunakan bogie K8

F : Bisa melaju hingga 120 km/jam, 9 : menggunakan bogie K9, 

 Terusin sendiri ya latihan membacanya... Hehehe... Tenang, nanti akan ada postingan lain seputar atribut kereta kok. Jadi jangan lupa pantengin blog ini....

3 comments:

  1. Sebetulnya ada keteraturan dalam kodifikasi huruf. Kuncinya: huruf F=120 [maksimum, km/jam] setelah itu selisihnya 15. Jadi seharusnya:
    F=120
    E=105
    D=90
    C=75
    B=60
    A=45

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agak miss di yang E... Di peraturan dinas KAI sendiri dicantumkan 100 km/jam... hehe

      Delete
  2. Berat total kerera itu keretanya aja atau termasuk penumpang?

    ReplyDelete