K4, NT-11 Versi Mini


Nippon Trailer-509 diperkenalkan tahun 1964/65, bersama dengan Nippon Trailer-11(K5). NT-509 secara sekilas sebenarnya adalah NT-11 yang diperkecil. NT-509 hanya memiliki satu pegas, sementara NT-11 memiliki dua pegas.NT-11 dan NT-509 sama-sama memiliki tutup bearing. Populasi bogie ini tidak banyak. Aslinya, bogie ini dipakai oleh CW-9155 s.d CW-9220 buatan Nippon Sharyo Seizo Keisha. Namun dikemudian hari,K4 juga digunakan oleh K2 hasil rehab dari K3-1965. K4 bertahan dalam dinasan hingga sekitar 2010, sebelum akhirnya digantikan oleh K5. Bogie ini menggunakan pegas ulir sebagai pegas primer yang dilengkapi perdam kejut yang berfungsi sebagai pengarah gandar ( axle guide ), sedangkan pegas sekunder menggunakan pegas torsi tanpa peredam kejut. Bogie K4 pada foto diatas berada di Balai Yasa Surabaya Gubeng. Kondisinya sekilas masih baik. Entah bogie ini disimpan untuk bogie dummy atau malah dalam antrian perucatan..


0 comments: